Analisis Pekerjaan Human and Resources Management


TUGAS KELOMPOK
HUMAN AND RESOURCES
MANAGEMENT











DI SUSUN OLEH KELOMPOK 6 :


Dike Wahyu                             (33885)
                                       Oggi Fahmi H                          (33833)
Madina Vita                             (33867)
                                       Maria Winda L                         (33868) 
                                       Ruiza Joel W                            (33870)
Accounting Staff
Staf Akunting atau juga kerap disebut dengan acconting staff, adalah sebuah jabatan di dalam sebuah perusahaan. Jabatan tersebut mempunyai tugas dan juga bertanggung jawab terhadap semua laporan keuangan. Laporan keuangan tersebut bukan dalam bentuk ucapan, namun disampaikan secara tertulis. Selain membuat laporan keuangan secara tertulis, seorang staf akunting juga harus paham dengan perpajakan.
Berikut deskripsi pekerjaan Accounting staff/Staf Akunting secara lebih lengkap :

Tanggung Jawab Utama
  1. Aktivitas : Melakukan pencatatan dan dokumentasi
  2. Ruang lingkup : Kegiatan keuangan perusahaan

Tugas   :
  1.  Melakukan pengaturan administrasi keuangan perusahaan
  2. Menyusun dan membuat laporan keuangan perusahaan
  3. Menyusun dan membuat laporan perpajakan perusahaan
  4. Menyusun dan membuat anggaran pengeluaran perusahaan secara periodik (bulanan atau tahunan)
  5. Menyusun dan membuat anggaran pendapatan perusahaan secara periodik (bulanan atau tahunan)
  6. Melakukan pembayaran gaji karyawan
  7. Menyusun dan membuat surat-surat yang berhubungan dengan perbankan dan kemampuan keuangan perusahaan



Finance Staff
Finance Staff memiliki tugas untuk membantu proses atau kegiatan finance dalam sebuah departemen serta mengurus seluruh administrasi terkait finance.

Tugas   :
  1. Membuat laporan piutang mingguan dan bulanan
  2. Memeriksa semua data yang masuk ke bank
  3. Memeriksa data-data tagihan yang belum dialokasikan ke Accounting
  4. Membuat kasbon debet tagihan ke Accounting
  5. Membuat faktur pajak
  6. Membuat laporan keuangan
  7. Menganalisa kompetitor dan tren market
  8. Manajemen keuangan
  9. Menerima keluhan atau masukan terhadap invoice

Finance & Accounting Staff
Orang yang bekerja dalam hal perhitungan dan akutansi. Mereka membuat data keuangan dan laporan kepada manajemen, otoritas pajak, pemegang saham, dan orang lain yang terlibat dalam keuangan perusahaan.
Tugas   :
1.     Melakukan pengelolaan keuangan perusahaan
2.    Melakukan penginputan semua transaksi keuangan
3.    Melakukan transaksi keuangan perusahaan
4.    Melakukan pembayaran kepada suplier
5     Melakukan penagihan kepada customer
6.    Mengontrol aktivitas keuangan atau transaksi keuangan perusahaan
7.    Membuat laporan mengenai aktivitas keuangan perusahaan
8.    Melakukan verifikasi terhadap keabsahan dokumen yang diterima
9.    Melakukan Evaluasi budget
10.  Menyiapkan dokumen penagihan invoice atau kwitansi tagihan beserta kelengkapannya
11. Melakukan rekonsiliasi.

Mengelola Finance & Accounting Kantor Cabang
1.      Mengumpulkan berkas seluruh dokumen transaksi keuangan dan akuntansi Kantor  Cabang
2.      Menanyakan/mengkonfirmasi dalam rangka verifikasi penyusunan dan laporan keuangan seluruh bagian Kantor Cabang bila dibutuhkan
3.      Memastikan bahwa seluruh account pada laporan keuangan bersaldo normal
4.      Memantau transaksi keuangan harian cabang
5.      Menyusun laporan keuangan kas harian
6.      Menyusun laporan keuangan mingguan untuk kebutuhan internal
7.      Menyusun laporan keuangan bulanan untuk Branch Operations Supervisor diteruskan
secara berjenjang ke Branch Manager
8.      Menyusun laporan keuangan tahunan untuk kebutuhan Branch Operations Supervisor diteruskan secara berjenjang Branch Manager
9.      Menyusun laporan Harian, Bulanan, Triwulan, Tahunan untuk BI, Kantor Pusat
10.  Mengelola dan menyimpan dokumentasi akuntansi, meliputi rekening financial (neraca, Buku Besar), buktibukti pembukuan, dan output lainnya
11.  Mengelola rekonsiliasi Rekening perantara, dan rekening sementara lainnya.
12.  Melakukan analisis laporan keuangan cabang untuk kepentingan manajemen, termasuk memantau posisi dana & likuiditas cabang
13.  Menyediakan laporan ketika ada permintaan dari kantor pusat
14.  Menyusun data dan memberikan penjelasan ketika ada pemeriksaan dari auditor
15.  Mengelola dan menyimpan surat –menyurat yang masuk ke bagian Finance & Accounting

Mencetak dan Membuat Laporan Operasional Bank di Kantor Cabang
1.      Mencetak laporan neraca, laba rugi, buku besar, rincian saldo rekening internal dan rekapitulasi saldo rekening (harian maupun bulanan)
2.      Mencetak Rekening Koran
3.      Mencetak laporan nominatif dan data nasabah (bulanan)
4.      Membuat laporan pembebanan biaya administrasi & koreksi charge suspense (bulanan)
5.      Memeriksa & mencetak menu total debit kredit harian
6.      Mencetak seluruh data transaksi harian
7.      Melakukan back up transaksi data harian
8.      Membuat laporan transaksi mencurigakan (bulanan)
9.      Membuat laporan premi, amortisasi untuk pihak asuransi
10.  Membuat laporan Cek Bulanan Teller
11.  Membuat Bulanan Posisi Simpanan & Kewajiban
12.  Membuat laporan tengah tahun & akhir tahun (keuangan pokok/utama & keuangan lengkap)
13.  Membuat laporan-laporan lain yang dibutuhkan untuk internal (Kantor Pusat, Cabang, dsb)
14.  Membuat laporan-laporan lain yang dibutuhkan untuk eksternal (LBU, dsb)


Komentar

Postingan Populer