Alat Tulis Kantor Menggunakan Sistem Berjalan atau Usulan Bagus Mana?
ALAT TULIS KANTOR
Benza Prima yang merupakan salah satu perusahaan
distribusi terkemuka yang bergerak
dalam pendistribusian alat tulis kantor. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan
ekonomi, peningkatan permintaan pasar dan banyaknya perusahaan-perusahaan lain
bermunculan yang juga bergerak di bidang alat tulis kantor di kota Semarang,
diperlukan adanya suatu sistem informasi yang membantu eksekutif dalam
menganalisis sektor pemasaran agar perusahaan tetap bisa bertahan di tengah persaingan
bisnis yang semakin ketat.
Oleh karena itu, untuk menghasilkan informasi yang
khusus diperuntukkan bagi para eksekutif pada perusahaan Benza Prima,
diperlukan suatu sistem yang dirancang khusus untuk keperluan tersebut, yaitu
sistem informasi eksekutif. Dengan sistem yang dirancang khusus diharapkan para
eksekutif dapat memenuhi kebutuhan informasi yang diinginkan untuk mengambil
keputusan dan menyusun strategi dalam menghadapi persaingan sehingga dapat
memajukan dan mempertahankan kejayaan perusahaan.

Gambar 1. Sistem Berjalan

Gambar 2. Sistem Usulan
Tabel Perbandingan Sistem Berjalan dengan
Usulan Sistem Penjualan Terkomputerisasi
Sistem Berjalan
|
Sistem Usulan
|
Hasil dari Usulan
|
Proses transaksi penjualan menggunakan sistem
manual dan dokumen hasil transaksi penjualan hanya berupa arsip penjualan
yang dapat memunculkan kesalahan atas pencatatan angka atau nominal dan
resiko nota penjualan terselip.
|
Proses transaksi penjualan
yang telah terkomputerisasi dapat menhasilkan suatu sistem transaksi
penjualan yang secara otomatis tersimpan dalam database yang telah
dirancang.
|
Dengan adanya sistem database
penjualan, hasil dokumen transaksi penjualan dapat tersimpan secara aman,
dapat mengurangi kesalahan atas pencatatan nominal atau angka, serta
terhindar dari resiko kehilangan data.
|
Pada saat proses
memperbarui persediaan barang, karyawan masih melakukan sistem manual
sehingga informasi persediaan barang yang telah terjual tidak ter-update secara
otomatis.
|
Dalam proses memperbarui
stok persediaan barang, database penjualan akan secara otomatis
mengurangi barang yang telah terjual.
|
Dapat mempermudah
perusahaan dalam proses memperbarui stok persediaannya dan membuat proses update
persediaan lebih efektif.
|
Dalam membuat laporan
penjualannya perusahaan ini masih menerapkan sistem manual sehingga
membutuhkan waktu yang lama dalam proses penyusunan laporan penjualannya.
|
Laporan penjualan dapat
langsung dicetak. Karena ketika melakukan proses transaksi penjualan, secara
otomatis dapat memperbarui file penjualannya.
|
Informasi yang dihasilkan
dari sistem database lebih cepat, tepat dan akurat. Sehingga dapat
memudahkan perusahaan dalam menyajikan informasi untuk pihak manajemen.
|
Dalam melakukan update piutang
pelanggan, karyawan harus menelusuri piutangnya secara manual satu per satu.
Sehingga membutuhkan waktu yang lama jika dilakukan secara manual.
|
Untuk proses update piutang
pelanggan akan secara otomatis diperbarui dengan sistem database penjualan.
Sehingga karyawan dapat langsung melihat piutang per pelanggan.
|
Dengan adanya sistem database
ini dapat memudahkan karyawan dalam mengecek dan memperbarui piutang
pelanggannya secara otomatis.
|
Melakukan pemesanan harus datang ke
lokasi atau melalui telepon
|
Pemesanan dapat dilakukan saat masuk ke
dalam sistem, setelah itu pemasok dapat melihat apa yang di pesan oleh biro
perlengkapan
|
Dengan sistem ini dapat dilakukan dengan
cepat, sehingga menguntungkan kedua belah pihak
|
Memperkirakan waktu dalam proses pemesan
barang yang masih belum pasti kesesuaiannya
|
Dapat menentukan waktu yang tepat agar
dapat memesan kepada pemasok
|
Dapat menentukan waktu yang tepat agar
dapat memesan kepada pemasok dan tidak kehabisan stok
|
Aldira Pramuditya (33877)
Dike Wahyu (33885)
Maria Winda L (33868)
Ruiza Joel W (33870)
Komentar
Posting Komentar