Alat Tulis Kantor Menggunakan Sistem Berjalan atau Usulan Bagus Mana?


ALAT TULIS KANTOR

Benza Prima yang merupakan salah satu perusahaan distribusi terkemuka yang bergerak
dalam pendistribusian alat tulis kantor. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi, peningkatan permintaan pasar dan banyaknya perusahaan-perusahaan lain bermunculan yang juga bergerak di bidang alat tulis kantor di kota Semarang, diperlukan adanya suatu sistem informasi yang membantu eksekutif dalam menganalisis sektor pemasaran agar perusahaan tetap bisa bertahan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.
Oleh karena itu, untuk menghasilkan informasi yang khusus diperuntukkan bagi para eksekutif pada perusahaan Benza Prima, diperlukan suatu sistem yang dirancang khusus untuk keperluan tersebut, yaitu sistem informasi eksekutif. Dengan sistem yang dirancang khusus diharapkan para eksekutif dapat memenuhi kebutuhan informasi yang diinginkan untuk mengambil keputusan dan menyusun strategi dalam menghadapi persaingan sehingga dapat memajukan dan mempertahankan kejayaan perusahaan.

Gambar 1. Sistem Berjalan

Gambar 2. Sistem Usulan

Tabel Perbandingan Sistem Berjalan dengan Usulan Sistem Penjualan Terkomputerisasi
Sistem Berjalan
Sistem Usulan
Hasil dari Usulan
Proses transaksi penjualan menggunakan sistem manual dan dokumen hasil transaksi penjualan hanya berupa arsip penjualan yang dapat memunculkan kesalahan atas pencatatan angka atau nominal dan resiko nota penjualan terselip.
Proses transaksi penjualan yang telah terkomputerisasi dapat menhasilkan suatu sistem transaksi penjualan yang secara otomatis tersimpan dalam database yang telah dirancang.


Dengan adanya sistem database penjualan, hasil dokumen transaksi penjualan dapat tersimpan secara aman, dapat mengurangi kesalahan atas pencatatan nominal atau angka, serta terhindar dari resiko kehilangan data.

Pada saat proses memperbarui persediaan barang, karyawan masih melakukan sistem manual sehingga informasi persediaan barang yang telah terjual tidak ter-update secara otomatis.
Dalam proses memperbarui stok persediaan barang, database penjualan akan secara otomatis mengurangi barang yang telah terjual.

Dapat mempermudah perusahaan dalam proses memperbarui stok persediaannya dan membuat proses update persediaan lebih efektif.

Dalam membuat laporan penjualannya perusahaan ini masih menerapkan sistem manual sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam proses penyusunan laporan penjualannya.
Laporan penjualan dapat langsung dicetak. Karena ketika melakukan proses transaksi penjualan, secara otomatis dapat memperbarui file penjualannya.

Informasi yang dihasilkan dari sistem database lebih cepat, tepat dan akurat. Sehingga dapat memudahkan perusahaan dalam menyajikan informasi untuk pihak manajemen.

Dalam melakukan update piutang pelanggan, karyawan harus menelusuri piutangnya secara manual satu per satu. Sehingga membutuhkan waktu yang lama jika dilakukan secara manual.
Untuk proses update piutang pelanggan akan secara otomatis diperbarui dengan sistem database penjualan. Sehingga karyawan dapat langsung melihat piutang per pelanggan.

Dengan adanya sistem database ini dapat memudahkan karyawan dalam mengecek dan memperbarui piutang pelanggannya secara otomatis.

Melakukan pemesanan harus datang ke lokasi atau melalui telepon
Pemesanan dapat dilakukan saat masuk ke dalam sistem, setelah itu pemasok dapat melihat apa yang di pesan oleh biro perlengkapan
Dengan sistem ini dapat dilakukan dengan cepat, sehingga menguntungkan kedua belah pihak
Memperkirakan waktu dalam proses pemesan barang yang masih belum pasti kesesuaiannya
Dapat menentukan waktu yang tepat agar dapat memesan kepada pemasok
Dapat menentukan waktu yang tepat agar dapat memesan kepada pemasok dan tidak kehabisan stok



Aldira Pramuditya                  (33877)
Dike Wahyu                            (33885)
Maria Winda L                        (33868)
Ruiza Joel W                           (33870)

Komentar

Postingan Populer