USAHA ROTI BAKAR
Usaha Roti Bakar
Jenis
Usaha dalam Bidang Makanan
Kami menjual makanan yang mengenyangkan dengan bahan
baku utama yang berasal dari roti, kami menamakan usaha roti bakar kami dengan
menggunakan selai berbagai variasi, keju, mesis, dan kacang sebagai
pelengkapnya. Disini kami memproduksi makanan dengan mengutamakan mutu dan
kualitas agar menjamin kesehatan para konsumen. Seperti tambahan topping pada
roti bakar yang akan kami buat sendiri dengan bahan yang berkualitas dan
dijamin kelezatannya.
Adapun
rencana dan tujuan dalam usaha roti bakar yang kami jalankan ialah sebagai
berikut :
1. Jangka Pendek
A. Rencana :
-
Target Pasar
Usaha ini berlokasi di
tempat-tempat yang strategis dan di pinggir-pinggir jalan utama, seperti jalan Ijen, jalan Soekarno Hatta,
jalan Danau Toba, Alun-alun dan tempat keramaian lainnya. Tempat-tempat lokasi yang banyak dilewati oleh masyarakat, baik masyarakat lokal maupun nonlokal sehingga usaha kami
ini mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi target pasar kami yaitu
masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna jalan tempat usaha kami berdiri.
- Streghts (Kekuatan)
Penyajian dari roti bakar
sangatlah sederhana tanpa memerlukan banyak waktu dalam penyajiannya, sehingga
menghasilkan memiliki keunggulan kecepatan dalam waktu. Serta harganya relatif
terjangkau untuk kalangan masyarakat.
B.
Tujuan :
- Usaha
bisnis roti bakar yang kami rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman
kerja didalam usaha bisnis bagi kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum,
selain dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang
menjanjikan untuk kehidupan masa depan dan biaya kuliah.
-Ingin
menjadikan peluang melihat banyaknya masyarakat yang
membutuhkan makanan terutama pada malam hari, sehingga roti bakar
bisa menjadi alternatif sebagai makanan pengganti makanan pokok/camilan.
2. Jangka Menengah
A.
Rencana :
-
Menciptakan
Persaingan dengan Strategi Kreatifitas
Terdapat banyak pesaing dari usaha
ini, akan tetapi disinilah kreatifitas kita
bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita
tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita. Namun
kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan
persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang
pasar yang telah ditetapkan.
-
Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha
ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik
kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan
tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna
harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang
kami berikan yaitu mulai dari Rp10.000 sampai dengan Rp15.000.
-
Target Pasar di
Mall
Jika sudah mulai berkembang, kami juga akan memilih
tempat stand di mall-mall yang ada di Malang, misalnya di foodcourt karena
lebih sering dikunjungi orang-orang. Setiap hari rame terus tentunya foodcourt
lebih menjamin sering dikunjungi masyarakat lokal dan pastinya lebih mudah dicari
dan belum ada yang menjual roti bakar.
B.
Tujuan :
-
Perkenalan Bisnis
Produk yang
kami tawarkan merupakan makanan yang lezat, bergizi, dan harganya terjangkau.
Produk kami bernama melalui olahan roti bakar yang sangat baik dikonsumsi oleh
masyarakt. Roti bakar ini berbeda dengan yang lain karena kami menggunakan roti
yang berbentuk seperti boneka teddy bear dan menggunakan bahan bahan yang
berkualitas.
-
Menciptakan inovasi pada design yang ditawarkan
Produk kami ini yang pertama roti
bakar ini untuk kedepannya akan kami beri inovasi untuk membuat macam-macam
bentuk roti bakar dengan bahan pelengkap tidah hanya selai berbagai variasi,
mesis, kacang dan keju.
-
Media Pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami
dengan menggunakan jejaring social, seperti : instagram, facebook, twitter,
line@ (official account), brosur, spanduk, blog, maupun iklan pada radio, dan
lainnya.
3. Jangka Panjang
A.
Rencana :
-
Membuka Cabang
Dalam rencana jangka panjang ini, produk kami akan
disebarluaskan ke berbagai daerah di Jawa Timur. Dalam proses penyembaran, kami
berharap bahwa stand kami ada satu di setiap tempat di area Jawa Timur.
-
Bisa Melakukan
Pengiriman Delivery Order
Karena peralihan zaman sudah canggih, maka kami akan
melakukan penerimaan pesanan melalui media social yang ada. Dengan begitu
proses pemesan akan dapat dilakukan dengan baik tanpa harus menuju ke lokasi.
Walaupun begitu akan ada pembagian waktu dalam pengiriman, yaitu empat kali
sehari dengan perbedaan waktu yang telah ditentukan.
-
Bisa Membuat
Aplikasi “Roti Bakar”
Keinginan dan cita-cita kami kedepan yaitu dapat memiliki aplikasi untuk produk kami, supaya
pemesan, kapan dikirim, harga dapat langsung muncul dalam aplikasi tersebut.
Baik dapat melakukan pembayaran melalui via transfer dan tunai (dapat dilakukan
saat pengirim datang ke lokasi). Dengan begini akan dapat dilakukan akses yang
lebih memudahkan dalam proses kegiatan penjualan roti bakar.
B.
Tujuan :
-
Meningkatkan Mutu
dan Kualitas
Upaya
yang kami lakukan dalam bisnis ini adalah peningkatan mutu dari produk kami,
baik roti, selai berbagai variasi, mesis, keju, dan kacang akan kami upayakan
terbuat dari kuliatas terbaik. Agar masyarakat semakin menyukai roti bakar ini,
kami akan berupaya dengan maksimal. Dengan demikian produk kami bisa menyaingi
dan bisa diperluas tidak hanya di Jawa Timur saja melainkan ke seluruh
Indonesia.
-
Meningkatkan
Jaringan
Roti bakar ini berbahan baku roti
dengan bahan-bahan pelengkap lainnya untuk proses pengolahannya. Oleh karena itu
kami berniat bekerja sama kepada pabrik roti dan bahan-bahan pelengkapnya yang
sudah pasti kualitasnya. Agar saat kami dapat menyediakan kualitas yang terbaik
bagi konsumen yang menikmati.
-
Meningkatkan
Proses Pelayanan
Setelah melakukan penjualan kami pada
saat tertentu kami akan meminta pendapat kepada konsumen untuk mengkritik dan
memberikan saran pada produk kami. Maka kami akan meningkatkan kualitas dan
tingkat rasa untuk memuaskan konsumen. Tidak hanya itu, kami akan melakukan
pelayan yang terbaik dari proses penyediaan, proses pengantaran, maupun proses
bisnis di media sosial juga harus berjalan dengan baik, tertib, ramah, dan
displin. Agar terjadi kesenangan dihati konsumen atas pelayanan kami.
Log Book
Tanggal
|
Nama
|
Kegiatan Mencari Materi
|
Kontribusi
|
Paraf
|
Hasil Akhir
|
18 Oktober 2016
19 Oktober 2016
|
Ruiza Joel
|
Rencana jangka pendek target pasar.
Tujuan jangka pendek
|
100
|
||
18 Oktober 2016
19 Oktober 2016
20 Oktober 2016
|
Maria Winda Lestari
|
Rencana
jangka menengah menciptakan persaingan dengan
strategi kreatifitas
Rencana dan tujuan jangka panjang
Mengetik dan menyusun tugas kelompok
|
100
|
||
18 Oktober 2016
19 Oktober 2016
|
Dike Wahyu A D R
|
Rencana jangka menegah target pasar di mall
Tujuan jangka menengah meningkatkan inovasi pada
design
|
100
|
||
18 Oktober 2016
20 Oktober 2016
|
Madina Vita
|
Tujuan jangka menengah perkenalan bisnis
Tujuan jangka menengah promosi
|
100
|
||
18 Oktober 2016
20 Oktober 2016
|
Nurul Nur Aisah
|
Rencana jangka pendek strenghts
Rencana jangka menengah sasaran pembeli
|
100
|
Komentar
Posting Komentar