USAHA ROTI BAKAR



Usaha Roti Bakar

Jenis Usaha dalam Bidang Makanan
Kami menjual makanan yang mengenyangkan dengan bahan baku utama yang berasal dari roti, kami menamakan usaha roti bakar kami dengan menggunakan selai berbagai variasi, keju, mesis, dan kacang sebagai pelengkapnya. Disini kami memproduksi makanan dengan mengutamakan mutu dan kualitas agar menjamin kesehatan para konsumen. Seperti tambahan topping pada roti bakar yang akan kami buat sendiri dengan bahan yang berkualitas dan dijamin kelezatannya.
Adapun rencana dan tujuan dalam usaha roti bakar yang kami jalankan ialah sebagai berikut :
1.      Jangka Pendek           
A.    Rencana          :
- Target Pasar
Usaha ini berlokasi di tempat-tempat yang strategis dan di pinggir-pinggir jalan utama, seperti  jalan Ijen, jalan Soekarno Hatta, jalan Danau Toba, Alun-alun dan tempat keramaian lainnya. Tempat-tempat lokasi yang banyak dilewati oleh masyarakat, baik masyarakat lokal maupun nonlokal sehingga usaha kami ini mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi target pasar kami yaitu masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna jalan tempat usaha kami berdiri.
- Streghts (Kekuatan)
Penyajian dari roti bakar sangatlah sederhana tanpa memerlukan banyak waktu dalam penyajiannya, sehingga menghasilkan memiliki keunggulan kecepatan dalam waktu. Serta harganya relatif terjangkau untuk kalangan masyarakat.
B.     Tujuan             :
- Usaha bisnis roti bakar yang kami rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja didalam usaha bisnis bagi kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan dan biaya kuliah.
-Ingin menjadikan peluang melihat banyaknya masyarakat yang membutuhkan makanan  terutama pada malam hari, sehingga roti bakar bisa menjadi alternatif sebagai makanan pengganti makanan  pokok/camilan.
2.      Jangka Menengah
A.    Rencana    :
-          Menciptakan Persaingan dengan Strategi Kreatifitas
Terdapat  banyak pesaing dari usaha ini, akan tetapi disinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing.  Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah ditetapkan.
-          Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu mulai dari Rp10.000 sampai dengan Rp15.000.
-          Target Pasar di Mall
Jika sudah mulai berkembang, kami juga akan memilih tempat stand di mall-mall yang ada di Malang, misalnya di foodcourt karena lebih sering dikunjungi orang-orang. Setiap hari rame terus tentunya foodcourt lebih menjamin sering dikunjungi masyarakat lokal dan pastinya lebih mudah dicari dan belum ada yang menjual roti bakar.
B.     Tujuan       :
-           Perkenalan Bisnis
Produk yang kami tawarkan merupakan makanan yang lezat, bergizi, dan harganya terjangkau. Produk kami bernama melalui olahan roti bakar yang sangat baik dikonsumsi oleh masyarakt. Roti bakar ini berbeda dengan yang lain karena kami menggunakan roti yang berbentuk seperti boneka teddy bear dan menggunakan bahan bahan yang berkualitas.
-          Menciptakan inovasi pada design yang ditawarkan
Produk kami ini yang pertama roti bakar ini untuk kedepannya akan kami beri inovasi untuk membuat macam-macam bentuk roti bakar dengan bahan pelengkap tidah hanya selai berbagai variasi, mesis, kacang dan keju.
-          Media Pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami dengan menggunakan jejaring social, seperti : instagram, facebook, twitter, line@ (official account), brosur, spanduk, blog, maupun iklan pada radio, dan lainnya.

3.      Jangka Panjang
A.    Rencana    :
-          Membuka Cabang
Dalam rencana jangka panjang ini, produk kami akan disebarluaskan ke berbagai daerah di Jawa Timur. Dalam proses penyembaran, kami berharap bahwa stand kami ada satu di setiap tempat di area Jawa Timur.
-          Bisa Melakukan Pengiriman Delivery Order
Karena peralihan zaman sudah canggih, maka kami akan melakukan penerimaan pesanan melalui media social yang ada. Dengan begitu proses pemesan akan dapat dilakukan dengan baik tanpa harus menuju ke lokasi. Walaupun begitu akan ada pembagian waktu dalam pengiriman, yaitu empat kali sehari dengan perbedaan waktu yang telah ditentukan.
-          Bisa Membuat Aplikasi “Roti Bakar”
Keinginan dan cita-cita kami kedepan yaitu dapat  memiliki aplikasi untuk produk kami, supaya pemesan, kapan dikirim, harga dapat langsung muncul dalam aplikasi tersebut. Baik dapat melakukan pembayaran melalui via transfer dan tunai (dapat dilakukan saat pengirim datang ke lokasi). Dengan begini akan dapat dilakukan akses yang lebih memudahkan dalam proses kegiatan penjualan roti bakar.
B.     Tujuan       :
-          Meningkatkan Mutu dan Kualitas
Upaya yang kami lakukan dalam bisnis ini adalah peningkatan mutu dari produk kami, baik roti, selai berbagai variasi, mesis, keju, dan kacang akan kami upayakan terbuat dari kuliatas terbaik. Agar masyarakat semakin menyukai roti bakar ini, kami akan berupaya dengan maksimal. Dengan demikian produk kami bisa menyaingi dan bisa diperluas tidak hanya di Jawa Timur saja melainkan ke seluruh Indonesia.
-          Meningkatkan Jaringan
Roti bakar ini berbahan baku roti dengan bahan-bahan pelengkap lainnya untuk proses pengolahannya. Oleh karena itu kami berniat bekerja sama kepada pabrik roti dan bahan-bahan pelengkapnya yang sudah pasti kualitasnya. Agar saat kami dapat menyediakan kualitas yang terbaik bagi konsumen yang menikmati.
-          Meningkatkan Proses Pelayanan
Setelah melakukan penjualan kami pada saat tertentu kami akan meminta pendapat kepada konsumen untuk mengkritik dan memberikan saran pada produk kami. Maka kami akan meningkatkan kualitas dan tingkat rasa untuk memuaskan konsumen. Tidak hanya itu, kami akan melakukan pelayan yang terbaik dari proses penyediaan, proses pengantaran, maupun proses bisnis di media sosial juga harus berjalan dengan baik, tertib, ramah, dan displin. Agar terjadi kesenangan dihati konsumen atas pelayanan kami.


Log Book
Tanggal
Nama
Kegiatan Mencari Materi
Kontribusi
Paraf
Hasil Akhir
18 Oktober 2016

19 Oktober 2016
Ruiza Joel
Rencana jangka pendek target pasar.
Tujuan jangka pendek
100


18 Oktober 2016


19 Oktober 2016

20 Oktober 2016
Maria Winda Lestari
Rencana jangka menengah menciptakan persaingan dengan strategi kreatifitas
Rencana dan tujuan jangka panjang
Mengetik dan menyusun tugas kelompok
100


18 Oktober 2016

19 Oktober 2016
Dike Wahyu A D R
Rencana jangka menegah target pasar di mall
Tujuan jangka menengah meningkatkan inovasi pada design
100


18 Oktober 2016

20 Oktober 2016
Madina Vita
Tujuan jangka menengah perkenalan bisnis
Tujuan jangka menengah promosi
100


18 Oktober 2016

20 Oktober 2016
Nurul Nur Aisah
Rencana jangka pendek strenghts
Rencana jangka menengah sasaran pembeli
100




Komentar

Postingan Populer